Senin, 06 Agustus 2012

DESA KUTA GUGUNG

Desa kuta gugung , berada di kabupaten karo kecamatan juhar, tiga binanga. Kita dapat menempuh jalur darat dari medan untuk sampai ke sana, memang cukup jauh dan melelahkan. Namun walaupun lelah kita dapat terhibur dengan pemandangan alam yang ada selama kita menempuh perjalanan.
        Desa kuta gugung memiliki penduduk yang beragam saat ini. Ada yang berasal dari jawa,batak toba,nias dan lain sebagainya. sebagai desa yang bisa di bilang kecil namun memiliki populasi yang cukup padat yaitu sekitar 240 kk pada tahun 2004 dan +/- 325 kk pada tahun 2018.
        desa ini memiliki pemandangan alam yang cukup bagus mulai dari perbukitan, gunung sinabung, gunung sibayak,serta udara yang segar dan dingin. jadi jangan coba mandi pada jam 7 pagi kalau belum biasa, bisa bisa anda beku he..he..
        desa ini menghasilkan produk pertanian seperti jagung,coklat,sawit,padi dan buah buahan juga. Pada dasarnya desa tersebut bergerak pada agro bisnis pada umumnya. bila diartikan ke bahasa indonesia kuta (kampung/desa) gugung (di atas/di puncak) jadi kalau penasaran langsung cek tkp aja  yoo...
        di desa kuta gugung juga terdapat tradisi tahunan atau kerja tahun. Kerja tahun diadakan setiap tahun pada bulan agustus. Saya pernah menanyakan tentang kerja tahun dan disebutkan bahwa pesta tersebut diadakan untuk panen raya sebagai ucapan atau rasa syukur atas hasil panen yang di raih dan berharap agar panen berikutnya lebih baik. Dalam pesta kerja tahun diadakan tarian tarian adat muda mudi dan ourang tua semua ikut serta dalam pesta adat ini, dan biasanya menjadi ajang temu rindu dengan saudara baik dalam maupun luar desa. berbagai makanan khas karo juga ada saat pesta. pokoknya seru dan ramai, jadi kalau mau ikut landek/menari dateng aja pada bulan agustus.

Tidak ada komentar: