Kamis, 06 September 2012

KENDALA AIR DESA KUTAGUGUNG

Air, seperti yang sering kita dengar "air adalah sumber kehidupan" , memang dalam keseharian kita semua membutuhkan air bersih sebagai fasilitas vital bagi kehidupan.
        Desa kuta gugung bisa dibilang mempunyai sumber air bersih yang cukup walaupun letaknya agak jauh dari lokasi desa itu sendiri. namun dengan demikian air tetap bisa masuk ke desa kuta gugung dengan akses pipa yang disalurkan dari sumber air ke desa, dari pipa tersebut air dibagi melalui bak umum yang berlokasi pada beberapa titik.
        Air tersebut lalu digunakan untuk mandi,cuci,masak dan sebagainya. namun menurut pandangan saya pada saat ini dengan bertambahnya jumlah penduduk fasilitas bak umum tersebut sudah tidak memadai lagi, ditambah dengan sering putusnya pipa suply air pada saat hujan karena luapan air sungai yang memutuskan pipa pada jalur sungai.
        Saya pernah membayangkan bila air tersebut bisa menjangkau rumah penduduk setiap rumah, pasti anak sekolah tidak terlambat untuk pergi sekolah karena berebut mandi. para orang tua pun bisa keladang dengan tenang karena tidak memikirkan sulitnya air lagi.
         Memang keinginan tersebut menjadi keinginan desa kuta gugung, bahkan sudah pernah dibahas melalui forum resmi desa. namun entah kenapa hal tersebut belum terealisasi sampai sekarang. mungkin air bersih yang nyaman dan memadai harus dicampuri oleh pemerintah setempat secara langsung.
         Dengan adanya peran pemerintah secara langsung diharapkan pembangunan tersebut dapat diawasi secara tepat guna. sehingga desa kutagugung memiliki akses air yang memadai dan pembangunan desa pun diharapkan makin berkembang. bagaimana menurut anda...?

Tidak ada komentar: