Minggu, 09 Juni 2013

GUA UMANG

Gua umang,

    Pada umumnya umang sering dikenal dengan mahluk yang mempunyai telapak kaki terbalik dan bertubuh manusia. tetapi mahluk ini sering dikategorikan sebagai mahluk halus, mungkin karena kemunculanya yang misterius dan sampai sekarang keberadaanya pun masih menjadi tanda tanya bagi kita semua.
    Sebagai masyarakat karo kita bersyukur karena legenda umang melekat di tanah karo, kita memiliki suatu legenda dan peninggalan sejarah yang tidak di miliki daerah lain yaitu umang dan gua yang di percaya sebagai rumah umang. salah satu gua tersebut terdapat di kuta gerat, kuta buluh, sibolangit, bintang meriah dsb.
 
 Ukiran gambar manusia berdiri (menari?) di sebelah kiri mulut gua (di dekat orang yang berdiri). 
Foto ini dibuat oleh E. E. McKinnon di tahun 1977

Gua Umang di Kuta Gerat (Kec. Tigabinanga) terlihat dari kejauhan. 
Titik hitam di akar pepohonan adalah pintu gua umang. 
Foto oleh : Juara R. Ginting

sebagai peninggalan sejarah nan misterius gua umang masih kurang memiliki histori atau cerita yang lengkap. Saya sendiri  bingung mengapa  gua-gua ini tidak memiliki cerita yang lengkap, seakan ada sejarah yang terputus. apakah akibat zaman perang ? tetapi saya rasa tidak juga. karena masih ada bukti pada zaman penjajahan tentang sejarah karo.
 Pintu Gua Umang di Desa Tanjung. Foto ini dibuat oleh Juara R. Ginting tahun 1990
Batu kemang sibolangit juni 1906 J.H. Neumann
saat saya membaca, ada yang percaya bahwa gua ini merupakan kuburan seperti di tanah toraja, tetapi setahu saya tidak pernah ditemukan kerangka manusia di dalamnya. ada yang percaya bahwa umang yang mengajarkan orang karo tentang teknologi modern untuk bertani, berburu dan lain sebagainya. saya juga pernah mendengar cerita kawan saya, dahulu di daerahnya pernah ada orang yang dibawa oleh umang, nah setelah dia kembali orang tersebut menjadi aneh (ada kurangnya) tetapi dia memiliki hobi mencuri barang rusak. setelah ditelusuri ternyata barang tersebut telah di perbaiki orang tersebut. mungkin teknologi umang lebih maju dan saya jadi penasaran.
     kalau kita cerita agak nyasar dikit, kalau orang amerika meneliti mungkin mereka mempunyai teori lain. biasa saja mereka menganggap bahwa umang keturunan alien yang memiliki teknologi maju dan pasti akan di teliti dengan serius oleh mereka.
     jadi, sekarang misteri umang tersebut masih belum lengkap menurut saya dan belum ada fakta jelas. memang sangat di sayangkan untuk sejarah karo. jadi sekian rasa penasaran saya terhadap misteri ini, dan bila ada salah dalam penulisan mohon di perbaiki dan bila ada info lebih tentang umang tolong di kasih tau ya...terima kasih.

Tidak ada komentar: